HASIL DIDIKAN TUHAN

 

MINGGU PAGI 24 SEPTEMBER 2023 @ 08.00 WITA

PDT. PETRUS SETIAWAN

IBRANI 12:11-13

“Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh.”

 Orang yang masuk ke dalam didikan Tuhan, yaitu yang tergolong sebagai anak-anak-Nya, akan menjadi penyembah-penyembah Tuhan yang memiliki tangan yang kuat, lutut yang tidak goyah dan kaki yang tidak pincang. Orang-orang yang seperti ini ialah orang-orang yang mencari wajah Tuhan dan berharap penuh kepada-Nya (Mazmur 27:8-9 “Hatiku mengikuti firman-Mu: "Carilah wajah-Ku"; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN. Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku!”). Terhadap orang-orang yang tulus Ia akan memberikan kesempatan untuk memandang wajah-Nya (Mazmur 11:7 “Sebab TUHAN adalah adil dan Ia mengasihi keadilan; orang yang tulus akan memandang wajah-Nya.”). Tapi sebaliknya yang jahat akan ditolak-Nya (1 Petrus 3:12 “Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat.").

 

BELAJAR DARI PENGALAMAN BANGSA ISRAEL

“Selaras dengan kenajisan dan durhaka mereka Kuperlakukan mereka dan Kusembunyikan wajah-Ku terhadap mereka. Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Sekarang, Aku akan memulihkan keadaan Yakub dan akan menyayangi seluruh kaum Israel dan cemburu-Ku timbul untuk mempertahankan nama-Ku yang kudus. Mereka akan melupakan noda mereka dan segala ketidaksetiaan mereka, yang dilakukannya terhadap Aku, kalau mereka sudah diam kembali di tanah mereka dengan aman tenteram dengan tidak dikejutkan oleh apapun, dan kalau Aku sudah membawa mereka kembali dari tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan mereka dari tanah musuh-musuh mereka dan pada saat Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepada mereka di hadapan bangsa-bangsa yang banyak. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allah mereka, yang membawa mereka ke dalam pembuangan di tengah bangsa-bangsa dan mengumpulkan mereka kembali di tanahnya dan Aku tidak membiarkan seorangpun dari padanya tinggal di sana. Aku tidak lagi menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, kalau Aku mencurahkan Roh-Ku ke atas kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH." (Yehezkiel 39: 24-29)

Allah sangat membenci kejahatan, terutama yang dilakukan oleh orang-orang yang sudah bertobat. Bangsa Israel merupakan gambaran dari orang-orang seperti itu. Setelah keluar dari Mesir (yang melambangkan dunia) seharusnya mereka taat dan setia kepada-Nya, tapi ternyata mereka tetap saja melakukan banyak hal yang jahat di mata Tuhan. Karena itulah Ia menyembunyikan wajah-Nya dan membuat mereka terbuang ke Babel selama 70 tahun sebelum akhirnya Ia membawa mereka kembali ke Yerusalem.

Kita, sebagai orang-orang yang sudah ditebus oleh darah Yesus, jangan sampai menganggap remeh dan tidak menghargai keselamatan agar tidak mengalami murka Allah (Ibrani 10:29-31).

 

HASIL MENCARI WAJAH TUHAN

“TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.” (Bilangan 6:24-26).

Orang yang mencari dan memandang wajah-Nya akan memperoleh tripel berkat. Pertama-tama mereka akan menerima kasih karunia dan hidup di dalam anugerah-Nya. Oleh kasih karunia itu kita diselamatkan dari penghukuman yang seharusnya layak kita terima dan oleh kasih karunia itu pula kita memperoleh hal-hal baik yang seharusnya tidak layak kita dapatkan. Hal kedua yang akan diterima ialah damai sejahtera, yang ketiga adalah berkat dan perlindungan.

 

YANG DILAKUKAN OLEH ORANG YANG MENCARI WAJAH TUHAN

“Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.” (Ibrani 12:14)

Para penyembah Tuhan bukan hanya mengasihi Dia tapi juga mengasihi sesama. Mereka hidup berdamai dengan orang lain dan dalam kekudusan.

 

LINK IBADAH PAGI SELENGKAPNYA:

https://www.youtube.com/watch?v=wsT8WHFYcIs&t=5174s



Post a Comment

0 Comments