HASIL DIDIKAN TUHAN

 

MINGGU SORE 17 SEPTEMBER 2023 @ 18.00 WITA

PDT. PETRUS SETIAWAN


IBRANI 12:12-13

“Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh.”

 

Untuk bisa mengikuti perlombaan wajib yang telah ditentukan-Nya kita memerlukan tangan dan kaki yang baik. Karena itulah Tuhan melatih dan mendidik kita sampai kita memperoleh tangan dan kaki yang kuat untuk bisa berjalan lurus dan memiliki pertobatan yang benar sampai akhirnya dapat menyelesaikan pertandingan iman kita secara maksimal.

 

Tangan adalah penyembahan. Orang percaya wajib menyembah Tuhan (1 Timotius 2:8). Jemaat yang telah terdidik dan berdamai dengan Tuhan pasti dapat memuji dan menyembah Dia. Sebaliknya orang yang tidak menyembah kepada Tuhan dapat dipastikan menyembah kepada satu-satunya “saingan” Tuhan yaitu mamon. Sayangnya, di dalam Gereja Tuhan masih terdapat orang-orang yang tidak bisa mengangkat tangannya/menyembah Tuhan (Lukas 6:6). Karena itulah Ia membawa kita masuk ke dalam didikan-Nya agar kita bisa kembali menyembah Dia.

Setidaknya ada lima hal yang dapat terjadi melalui pujian dan penyembahan:

-          melumpuhkan musuh (1 Samuel 16:23; Mazmur 149:6-9)

-          pemulihan (Yakobus 5:13; Amsal 17:22)

-          mujizat (Kisah Para Rasul 16:25)

-          inspirasi (2 Samuel 6:23)

-          memenangkan jiwa (Mazmur 40:4).

Selain tangan yang kuat, didikan Tuhan juga menghasilkan kaki yang kuat, yaitu pertobatan yang kuat. Dalam Gereja awal, terdapat contoh orang yang tidak memiliki pertobatan yang tidak kuat yaitu seorang dukun bernama Simon yang sudah menjadi percaya dan bahkan sudah dibaptis tetapi masih melakukan hal yang salah (Kisah Para Rasul 8:20-23). Demikian pula ada orang yang jalannya tidak lurus melainkan penuh kepalsuan seperti Baryesus (Kisah Para Rasul 13:6). Tetapi Gereja Tuhan yang mau dididik oleh Tuhan pasti memiliki tangan dan kaki yang kuat serta jalan yang lurus.

 

LINK IBADAH SORE SELENGKAPNYA:

https://www.youtube.com/watch?v=i5cV7i0f2h0&t=1564s

 


Post a Comment

0 Comments